15 February 2015

Membuat Sitemap di Blogspot


Sitemap ?

Istilah ini digunakan pada website atau blog dimana sitemap adalah sebuah halaman khusus yang menampilkan sebuah peta atau hirarrki dari tiap tata letak artikel. sitemap. tujuan dari sitemap adalah untuk mempermudah pengunjung mencari artikel berdasar kategori yang ada pada sebuah website .
Sitemap tidak hanya berisi link dari artikel namun juga berisi sebuah metadata yang bertujuan untuk memaksimalkan  Search Engine . Melalui sitemap ini robot akan lebih mudah menjelajahi struktur website dan pastinya akan membuat peringkat dalam pencarian akan meningkat. walaupun tanpa sitemap ini robot search engine akan bisa menelusuri web, namun di bandingkan tanpa sitemap penelusuran akan menjadi lebih lama  apalagi website berisi banyak artikel dengan banyak kategori. 

Di Blogger sendiri tidak disediakan menu untuk membuat sitemap secara otomatis yang bisa langsung di pasang , namun tidaklah sulit untuk membuat sitemap untuk blog kita. kita hanya perlu meluangkan beberapa menit untuk memasang code dalam template dan membuat laman. ikuti langkah berikut untuk memasang sitemap di blogspot. 

Ada dua langkah dasar yang harus kita lakukan  untuk membuat halaman sitemap. pertama kita masukan code dalam html template blog dan yang kedua membuat laman sebagai halaman sitemap blog kita. 

Masuk HTML Template.

Langkah pertama adalah memasukan code atau Script ke dalam code html template blog. masuk ke dallam akun blog pilih tab samping kiri Template   dan klik button Edit HTML.


nantinya akan masuk halaman yang berisi kode HTML . selanjutnya cari kode </head> dalam kotak editor. untuk mempermudah pencarian tekan Alt+F  dan lakukan pencarian kode </head>, letakkan kode berikut sebelum kode </head>  kemudian simpan. 


<b:if cond="data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;"> <script type="text/javascript">
//<![CDATA[
function loadtoc(e){function t(){if("entry"in e.feed){var t=e.feed.entry.length;numberfeed=t;ii=0;for(var n=0;n<t;n++){var r=e.feed.entry[n];var i=r.title.$t;var s=r.published.$t.substring(0,10);var o;for(var u=0;u<r.link.length;u++){if(r.link[u].rel=="alternate"){o=r.link[u].href;break}}var a="";for(var u=0;u<r.link.length;u++){if(r.link[u].rel=="enclosure"){a=r.link[u].href;break}}var f="";if("category"in r){for(var u=0;u<r.category.length;u++){f=r.category[u].term;var l=f.lastIndexOf(";");if(l!=-1){f=f.substring(0,l)}postLabels[ii]=f;postTitle[ii]=i;postUrl[ii]=o;ii=ii+1}}}}}t();sortBy="titleasc";sortPosts(sortBy);sortlabel();tocLoaded=true;displayToc2();document.write()}function filterPosts(e){scroll(0,0);postFilter=e;displayToc(postFilter)}function allPosts(){sortlabel();postFilter="";displayToc(postFilter)}function sortPosts(e){function t(e,t){var n=postTitle[e];postTitle[e]=postTitle[t];postTitle[t]=n;var n=postUrl[e];postUrl[e]=postUrl[t];postUrl[t]=n;var n=postLabels[e];postLabels[e]=postLabels[t];postLabels[t]=n;var n=postBaru[e];postBaru[e]=postBaru[t];postBaru[t]=n}for(var n=0;n<postTitle.length-1;n++){for(var r=n+1;r<postTitle.length;r++){if(e=="titleasc"){if(postTitle[n]>postTitle[r]){t(n,r)}}if(e=="titledesc"){if(postTitle[n]<postTitle[r]){t(n,r)}}if(e=="dateoldest"){if(postDate[n]>postDate[r]){t(n,r)}}if(e=="datenewest"){if(postDate[n]<postDate[r]){t(n,r)}}if(e=="orderlabel"){if(postLabels[n]>postLabels[r]){t(n,r)}}}}}function sortlabel(){sortBy="orderlabel";sortPosts(sortBy);var e=0;var t=0;while(t<postTitle.length){temp1=postLabels[t];firsti=e;do{e=e+1}while(postLabels[e]==temp1);t=e;sortPosts2(firsti,e);if(t>postTitle.length){break}}}function sortPosts2(e,t){function n(e,t){var n=postTitle[e];postTitle[e]=postTitle[t];postTitle[t]=n;var n=postUrl[e];postUrl[e]=postUrl[t];postUrl[t]=n;var n=postLabels[e];postLabels[e]=postLabels[t];postLabels[t]=n}for(var r=e;r<t-1;r++){for(var i=r+1;i<t;i++){if(postTitle[r]>postTitle[i]){n(r,i)}}}}function displayToc2(){var e=0;var t=0;while(t<postTitle.length){temp1=postLabels[t];document.write('<p style="background: #f7f7f7;padding: 5px;" />
');document.write('<span class="labl"><span>Label : </span><a href="/search/label/'+temp1+'">'+temp1+"</a></span><ul class='postname'>");firsti=e;do{document.write(" <li>");document.write('<a href="'+postUrl[e]+'">'+postTitle[e]+"</a>");document.write("</li> ");e=e+1}while(postLabels[e]==temp1);t=e;document.write("</ul> ");sortPosts2(firsti,e);if(t>postTitle.length){break}}}var postTitle=new Array;var postUrl=new Array;var postLabels=new Array;var postBaru=new Array;var sortBy="titleasc";var tocLoaded=false;var numChars=250;var postFilter="";var numberfeed=0;document.write("") //]]>
</script><b:else></b:else></b:if>


Buat Laman Sitemap
Laman adalah sebuah halaman khusus yang bersifat statis atau halaman yang berisi informasi tetap. berbeda dengan artikel yang bersifat dinamis atau berubah setiap saat sesuai dengan tanggal posting.
laman ini nantinya akan berisi peta situs kita untuk ditampilkan dalam blog. untuk membuatnya pilih menu samping kiri pada Laman



Buat Laman baru dan pilih kode HTML untuk memasukan kode di bawah ini

<script src="http://jamalud.in/feeds/posts/default?max-results=999&amp; alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script> </div>

setelah selesai simpan . langkah selanjutnya adalah menampilkan sitemap dalam menu . buka Tataletak di menu kiri , tambahkan gadget dan cari gadget dengan judul laman 


Ketika kita menmbah laman dalam blog kita, sebenarnya kita menmbah menu yang berisi link ke sebuah halaman statis. contohnya seperti berikut. centang Sitemap  dan selanjutnya simpan , coba cek halaman blog.


ketika kita masuk halaman sitemap maka akan tampil seperti contoh ini


Artikel Terkait Blogging , Tutorial

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Trimakasih atas kunjunganya. pertanyaan, saran dan kritik kami akan respon secepatnya.