14 February 2015

Chat WhatsApp langsung lewat Browser Komputer


Bagi pengguna Smartphone tidak akan asing dengan aplikasi Chat bernama WhatsApp. meskipun bukan yang pertama dalam apllikasi obrolan namun WhatsApp punya banyak pengguna yang melebihi dari aplikasi yang bertema sama karena di rasa lebih mudah dalam penggunaanya , tidak seperti applikasi serupa yang menjadi pendahulunya . whatsApp menggunakan nomor handphone sebagai ID nya.

Kini ada yang baru di dalam WhatsApp . yaitu applikasi ini sudah mulai di sediakan di dalam applikasi komputer melalui Browser, meskipun sebelumnya banyak bermunculan applikasi WhatsApp melalui PC namun bukan applikasi yang dikeluarkan oleh pihak WhatsApp sendiri,

Ok. langsung saja saya bagi pengalaman untuk menggunakan WhatsApp by PC.

Masuk Ke Web WhatsApp.
langkah pertama yang pasti dilakukan adalah buka halaman utama whatsApp. www.whatsapp.com
tidak perlu login ataupun registrasi seperti halnya yang biasa kita lakukan pada chating pada umumnya. kita nanti akan di arahkan untuk menghubungkan applikasi yang ada di smartphone dengan web browser.


Setelah terbuka silahkan klik tab WhatsApp Web . nantinya akan keluar halaman dengan QR code. ini yang menjadi penghubung komputer kita dengan smartphone yang kita gunakan untuk WhatsApp.
tidak ada tampilan pengisian id atautombol login, karena login hanya bisa dilakukan dengan scan QR Code yang tampil di layar monitor.

Masuk Ke Halaman Chat WhatsApp
Ketika Tampil halaman dengan QR Code kita diharuskan melakukan scan langsung dengan SmartPhone kita.

Sayangnya saya tidak melihat cara lain untuk masuk ke halaman obrolan selain melalui scan QR code seperti gambar di atas. jadi bagi yang memiliki smartphone tanpa kamera atau yang tidak mendukung scan QR Code tidak dapan menggunakan layanan ini. mungkin pihak WhatsApp menggangap ini cara yang paling aman untuk menghubungkan smartphone dengan applikasi PC.

Scan QR Code dengan WhatsApp di Smartphone.
Tidak perlu menginstall aplikasi baru untuk Scan QR Code yang ada di halaman WhatsApp Web , di dalam applikasi bawaanya WhatsApp sudah disediakan untuk melakukan Scan, tentunya harus di Update terlebih dahulu ke versi terbaru WhatsApp, Setelah Update buka Applikasi WhatsApp dan pilih menu 

Ketika tampilan halaman applikasi sudah berubah dan kamera menjadi aktif maka dekatkan kamera Smartphone ke layar monitor komputer dan dapatkan fokus yang tepat untuk scan QR code , tidak perlu lakukan apapun , ketika scan selesai tampilan browser komputer akan berubah masuk kedalam obrolan kita. begitupun tampilan applikasi dalam smartphone. 



jika muncul tampilan seperti di atas maka kita dapat langsung menggunakan obrolan , applikasi obrolan ini akan selalu sinkronisasi dengan whatsApp di Smartphone . jadi setiap aktivitas yang ada dalam perangkat HP atau komputer akan selalu sama. tidak hanya itu meskipun browser kita minimize atau dalam posisi taskbar aktivitas obrolan akan muncul dalam notifikasi, notifikasi akan muncul di kanan  bawah. 

Kelemahan 
Tentu saja setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kelemahan , setelah mencoba explore sebentar dan saya tulis artikel ini beberapa yang saya amati. 
  • Tidak ada form login untuk masuk, jadi perlu smartphone untuk masuk melalui scan  QR Code. tentunya ini tidak semua Smartphone bisa melakukan hal tersebut
  • Obrolan akan terputus jika koneksi jaringan atau whatsApp dalam Smartphon terputus dengan jaringan. jadi tidak bisa jika menggunakan aplikasi browser WhatsApp tanpa SmartPhone yang aktif. jika terputus akan tampil seperti gambar dibawah.


Artikel Terkait Android , Gadget , Tutorial

1 comment:

  1. Informasinya sangat berguna buat saya. Terimakasih.
    Barangkali berkenan mau berkunjung ke blog eksperimen saya.
    Flipbook-blog: http://jukibook.blogspot.com/

    ReplyDelete

Trimakasih atas kunjunganya. pertanyaan, saran dan kritik kami akan respon secepatnya.