23 November 2014

Membuat game Cepat Mudah dengan Greenfoot.

Di dunia ini pekerjaan yang terbesar gajinya apa sih? yaitu pembuat Game tentunya bukan game yang ringan dong. nah untuk memulai menjadi pembuat game diawali dari game yang mudah tentunya. keterampilan mengolah algoritma sangat dibutuhkan dalam membuat game. ke depan saya akan membuat tutorial untuk membuat game , bahkan bisa kita jadikan game ini berjalan di android ,

Apa sih alat yang dibutuhkan untuk membuat game? jawabanya tentunya beragam , dari mulai flash sampai 3DMax, saya bukan orang yang ahli membuat game yang udah lama di dunia game, kalau di ibaratkan saya bagai anak kecil yang senang bermain dan ada rasa ingin tahu dalamnya mainan tersebut. beberapa waktu lalu saya mendapat ilmu membuat game ringan. saya ingin berbagi dalam blog ini . sebelum kita mulai apa sih yang nantinya kita butuhkan . 

Pemrograman Java
Kemampuan pemrograman java adalah dasar untuk memberikan code pada jalanya program. namun tidak semua game dibuat dari bahasa java, bahasa java ini paling populer untuk pemrograman game, seperti masa sebelum adanya android java sudah mengeluarkan game java yang diaplikasikan di handphone berbasis java. Android juga menggunakan bahasa java untuk source code aplikasinya. 
jika belum mempunyai kemampuan pemrograman java tenang aja. nanti bisa tinggal Copy Paste aja . sambil buat game belajar bahasa java. 

Greenfoot
Apa sih Greenfoot? nah loh,  "Kaki Hijau" ?


itu juga pertama kali saya denger namanya. Greenfoot adalah software develop game-nya, di dalam Greenfoot tidak banyak fitur yang di tampilkan tapi greenfoot memberikan pengalaman pemrograman menjadi sangat mudah, bahkan kita nantinya bisa mengajarkan ke anak anak untuk belajar membuat game. 
Greenfoot mengarahkan kita untuk belajar pemrograman berbasis objek atau istilah kerenya PBO.
langsung saja menuju lokasi greenfoot.org  kita bisa lihat contoh game yang dibuat oleh membernya di tab Scenarios, pilih saja salah satu game. Untuk memainkan game secara langsung dibutuhkan Java yang sudah terinstall di komputer kamu. download java JDK disini dan install.

sekarang kita bisa coba salah satu gamenya di greenfoot.org/scenarios pilih salah satu . jika ada masalah seperti berikut dihalaman browser berarti kita perlu memasukan alamat greenfot ke dalam scurity java.

untuk mengatasinya  :
1. masuk control panel dan cari icon java


2. masuk ke tab scurity dan edit list


3. tambahkan di dalam daftar http://www.greenfoot.org



4. kemudian OK dan coba restart browser . jika berhasil ada peringatan untuk menjalankan java. pih RUN .



5. Game akan tampil dan bisa dimainkan melalui tombol RUN


Selesai untuk pengenalan pertama dengan greenfoot. selanjutnya kita mulai membuat gamenya.
Video bisa di lihat disini

kita lanjut nanti.... 
Artikel Terkait Game , Greenfoot , Source Code , Tutorial

No comments:

Post a Comment

Trimakasih atas kunjunganya. pertanyaan, saran dan kritik kami akan respon secepatnya.