22 February 2015

ADB Wireless Android For Emulator Eclipse


Berawal dari bosanya menunggu compile eclipse dan begitu lambatnya pergerakan emulator android, saya berinisiatif untuk menggunakan device android saya sebagai emulatornya langsung. android saya menggunakan Andromax i dengan spec ICS ROM modifikasi. dan OS laptop adalah WIN 8, koneksi kabel, nah permasalahanya android saya tidak bisa  terdeteksi di list device melalui ADB. sudah googling tidak ketemu juga permasalahanya. meskipun semua langkah saya coba. ketemu salah satu kata ADB WIRELESS saya penasaran , mungkinkan ini koneksi adb dengan sistem wireless. coba cari di PLAY STORE ada beberapa aplikasi dengan nama yang sama. coba install salah satu , dan tralalala. yang selama ini jadi masalah sudah teratsi, di tambah ini tanpa kabel jadi lebih enak pengoperasianya sebagai emulator eclipse.

Kita coba step by step jadikan android kita jadi emulator
Pertama siapkan android kita dan install adb wireless di sini melalui Play Store

Pastikan Laptop dan Android dalam satu jaringan dalam hal ini  jaringa saya adalah
Komputer : 192.168.0.108
Android  : 192.168.0.102

Selanjutnya buka aplikasi Wifi ADB dan jadikan statusnya ON


Buka Command Promt dan masuk ke dalam direktori file ADB di tempatkan.
kemudiana ketik connect adb 192.168.1.102  dimana ip ini adalah ip android saya



jika berhasil maka akan tampil connect  to 192.168.1.102:5555
selanjutnya buka eclipse untuk cek dan menguji emulator android. untuk cek.
masuk melalui toolbar atas Windows/Show View/ Other dan klik Device , apa yang tampil ?


jika sudah tampil device , maka perangkat android siap digunakan sebagai emulator 
Untuk menjalankannya buat project android baru atau yang sudah ada. setting emulator melaui Run Configurasi
maka akan muncul form baru, pindah ke tab TARGET dan pilih Always promt to pict device. lalu apply. al dalam hal ini setiap kita run program akan ditanyakan, emulator yang ingin kita pakai . 


jika kita mengharapkan setiap kita runing menggunakan emulator yang sama, centang Use same device for future launches . selesai sudah tutorial saya. silahkan mencoba .




Artikel Terkait Android , Pemrograman

2 comments:

  1. mas... AndroMax sy udah dicolokin pake USB Debuggin mode tapi ngga nongol di Eclipse sebagai Android device gimana ya ini?

    ReplyDelete
  2. itu juga masalah yang saya alami. karna itu saya menggunakan wireless ADB jadi ndak perlu pake kabel. tinggal setting satu jaringan dengan komputer seperti di atas nanti akan dikenali oleh eclipse. jangan lupa untuk mengaktifkan koneksi ADB lewat command promt seperti di atas. ikuti aja langkah di atas.

    ReplyDelete

Trimakasih atas kunjunganya. pertanyaan, saran dan kritik kami akan respon secepatnya.