28 December 2014

Penyebab kapasitas Drive C Windows penuh dan cara mengatasi


Kapasitas Drive C di windows terkuras. Mungkin ini yang sering terjadi dengan sistem operasi windows. namun kali ini begitu parah hingga drive c menyisakan ratusan Mega Bit saja. jika keadaan normal kita bisa lakukan dengan Clean Disk  dan akan menghapus hingga 1 Giga , dan Uninstall beberapa program tidak juga mengembalikan kapasitas yang hilang, defrag pun tidakn begitu membantu hanya berubah hitungan ratusan Mega. 

Solusi yang terbaik adalah menganalisa kapasitas tiap folder di dalam Drive C. namun itu tidak mungkin kita lakukan dengan klik propertis tiap folder, karna windows tidak terdapat fitur untuk menampilkan kapasitas folder dalam bentuk list . untuk itu bisa digunakan Software gratis yang bernama TreeSize dan ini bisa di download secara gratis. dan bisa di download di sini.

instalasi dan jalankan dengan mode admisitrator, dengan mode administrator folder yang membutuhkan hak akses administrator juga akan terbuka.




selanjutnya akan terbuka aplikasi . dan lakukan scan untuk drive C , menu terletak pada tool bar atas kiri, tunggu hingga selesai proses scaning maka akan muncul daftar folder yang berada di Drive C beserta besarnya kapasitas di dalamnya. 


Dan setelah  lihat ada satu folder yang kapasitasnya begitu besar. telusuri hingga dalam file. padagambar di atas terliha di dalam folder Windows/SoftwareDistribution/Download ada 4 file yang berukuran 2,7 Giga. dan extention .tmp  berarti ini menandakan file ini hanya digunakan sebagai temporari. dari informasi yang saya dapatkan ini adalah file dari hasil update windows. 

3 file bisa langsung di hapus. dan salah satu tidak bisa dihapus karena sedang digunakan oleh sistem. nah ini juga jadi permasalahan. untuk melakukan hal tersebut bisa dilakukan dengan menghentikan service yang terkait dengan file tersebut. lakukan seperti berikut :
  • Start>Run
  • ketik cmd  enter
  • ketik net stop wuauserv  enter
  • ketik del c:\windows\SoftwareDistribution    enter
  • ketik net start wuauserv  enter 
  • ketik exit untuk keluar
jika hal tersebut tidak bisa dilakukan dan masih ada pesan acces denied  maka bisa dilakukan dengan masuk save mode . karena save mode akan mematikan semua service windows. 

karena folder ini berada pada sistem windows dan membutuhkan akses administrator maka lakukan perubahan pemilik folder . melalui klik kanan folder SoftwareDistribution masuk tab security 


 Pilih Advanced akan keluar windows baru pilih change di bagian atas 


Setelah keluar winsows select user klik tombol Advance dan Find Now maka akan ada daftar user. silahkan pilih user yang digunakan saat ini . 


Tutup windows Select User dan akan kembali pada windows Advanced Security, lihat berubahan nama di sebelah label Change tadi, akan berubah nama yang di pilih. centang pada replace owner sekalian. tutup semua dengan klik OK. 

Jika hak akses atau Owner ,File folder sudah di rubah maka sudah bisa di hapus folder SoftwareDistribution , tentu saja masih dalam Widows save mode. 

lihat perubahanya pada kapasitas drive C. akan semakin banyak kapasitas free nya. dari yang tadinya di bawah 10 Giga sekarang di atas 18 Giga.


Catatan :
jika file kembali lagi . silahkan di disable windows update.  

Artikel Terkait Komputer , Tips dan Trik , Windows

No comments:

Post a Comment

Trimakasih atas kunjunganya. pertanyaan, saran dan kritik kami akan respon secepatnya.